RSS

Gaul Tuh Ga Berarti Bebas


Kalo denger kata “gaul” pasti hampir semua orang koneknya ke kalangan remaja. Mmm....padahal yang gaul tuh bukan Cuma remaja lho...Ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan nenek-nenek dan kakek-kakek.
Yupz...coz sbenernya arti kata gaul atau pergaulan itu adalah gaya kita berteman dengan orang lain. Nah..itu dia, karena setiap orang punya gaya pergaulan yang beda-beda yang menjadikan kata gaul sendiri itu macem-macem jenisnya.
Tapi ya kalo diperhatiin, pasti kalo kita denger kata-kata gaul itu langsung mainset kita tertuju sama style, gaya bicara dan tingkah laku seseorang. Dan yang lebih parahnya lagi..gaul itu kalo dinegatifin tuh cepet banget. Sekarang praktekin aja deh...coba klik kata “pergaulan” di web google, pasti yang sebagian besar muncul yaitu ngebahas tentang pergaulan bebas. Dan bebas yang dimaksud itu adalah bebas yang ga ada aturan alias....gaul yang ugal-ugalan, free sex dan yang lainnya.
Sebenernya dalam bergaul tuh ada etikanya lho...Dalam bergaul ada tata cara yang harus diperhatikan. Contohnya aja dalam bergaul dengan teman sebaya. Kita ga bisa seenaknya main sana sini atau ngapaen aja yang kita mau, tapi tetep liat lingkungan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat kita. Kaya di Indonesia aja..disini ada yang namanya tata krama atau cara-cara dalam berperilaku. Gaul tuh harus tetep berpedoman sama hal itu. Jadi ga dibilang anak gaul yang ga punya aturan.
Bergaul boleh aja. Bebas sama siapa aja. Tapi bebasnya itu diartikan sebagai bebas dan bertanggung jawab. So...(bukan ngong atau toy)...kita ga akan masuk sama yang namanya pergaulan bebas yang tidak bertanggung jawab itu. Bertemen ga boleh milih-milih tapi kalo bergaul harus milih, mana yang sehat dan mana yang bawa virus penyakit kebebasan yang keblabasan. Ok!!
Jadilah anak gaul geto lho...tapi dalam batas wajar yo..
Kayak akyu...

0 komentar: